Dandim 0103/Aut Bersama Pimpinan Dayah Darul Muttaqin Tgk Muzakir (Waled Lapang) Hadiri Acara Kenduri Laot di Desa Pusong Lama

Lhokseumawe – Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P., M.I.P., Bersama Pimpinan Dayah Darul Muttaqin Tgk Muzakir (Waled Lapang), hadiri acara kenduri laot bertempat di TPI Pusong lama Kota Lhokseumawe Desa. Pusong Lama, Kec. Banda Sakti Kota. Lhokseumawe, Kamis, (14/07/22).

Acara yang berupa do’a bersama oleh seluruh masyarakat Desa Pusong Lama, Kec. Banda Sakti merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang, dan merupakan adat yang sakral bagi masyarakat Desa Pusong Lama. yang bertujuan memanjatkan doa agar masyarakat Pusong lama yang umumnya nelayan terhindar dari segala bencana.

Acara tersebut diawali dengan sembutan Panglima Laot Lhokseumawe Pawang Hamid menyampaikan ucapan Alhamdulillah pada hari ini telah terlaksana kenduri laut yang sudah lama kita tinggalkan, namun Pada hari ini telah terwujud kembali dengan bantuan-bantuan dari pawang-pawang dan aneuk Itek yang selama ini sangat bersemangat untuk membuat acara pada hari ini.

Lanjutnya Harapan kami depan juga nanti akan membuat kenduri laut ini lebih meriah lagi dari pada hari ini, Saya tegaskan kepada para nelayan kita melaut pada hari minggu jangan ada yang melaut besok karena besok masih saya beri waktu untuk istirahat bersama keluarga. Pungkas Panglima Laut Pawang Hamid.

Pada kesempatan itu Dandim 0103/Aut Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P., M.I.P., dalam Sambutan menyampaikan ungkapan Terima kasih atas undangan dari Panglima laut beserta masyarakat lainnya atas pelaksanaan kenduri laut ini, selanjutnya saya beserta rombongan mengucapkan mohon maaf apabila kedatangan kami agak terlambat, semua itu bukan berarti disengaja akan tetapi ada beberapa hal yang harus diselesaikan Terlebih dahulu terkait dengan kepentingan masyarakat juga yaitu keberadaan air bersih.

Lanjut Dandim, bahwa terkait dengan inti acara kita keluarga besar Kodim 0103/Aut dengan moto kita Meuiman dan Tameusaboh ke Nanggroe (Beriman dan Bersinergi untuk Negeri).” sangat mendukung pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh panglima laut beserta jajarannya.

Dengan harapan Semoga para nelayan dengan diadakannya kenduri laut ini dapat menjadi sarana ritual budaya kearifan lokal yang dilaksanakan ini tetap kita jaga tentunya dengan mengharap ridho dan izin Allah subhanahu wa ta’ala sehingga nantinya dalam pelaksanaan berlayar yang akan dimulai hari Minggu besok penuh dengan ridho dan izin Allah tentunya mendapatkan hasil yang semakin melimpah dan membawa kesejahteraan bagi semua warga pesisir laut. Ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga Dandim menyampaikan bahwasanya Saya selaku Dandim 0103/Aceh Utara yang baru juga mohon doa restu untuk melakukan program-program yang akan kita laksanakan Semoga bisa di jabah atau bisa Istiqomah karena semua ini menyangkut dengan kedekatan kita kepada Allah. Tutup Letkol Inf Hendrasari Nurhono.

Diakhir Acara Kenduri Laot, Masyarakat yang hadir juga mendengarkan Tausiyah yang disampaikan oleh Pimpinan Dayah Darul Muttaqin Tgk Muzakir (Waled Lapang) menyampaikan, Puji rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang mana oleh Allah telah memberikan kepada kita semua sehat badan jasmani dan rohani kita selaku hamba Allah yang beriman yang taat kepadanya mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan nikmat kepada kita semua rahmat dan sejahtera kepada Baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, yang mana dengan berkat beliau dengan perjuangan beliau kita menikmati Pada masa ini baik tentang kehidupan tentang pendidikan dan juga tentang agama dan tentang yaitu rezeki kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Pada hari ini kita sama-sama melaksanakan kegiatan yang ada pada tempat yang berbahagia ini yaitu kepada para nelayan saya harapkan sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berpesan Barang siapa yang menegakkan yaitu ibadah yaitu 5 waktu serta diiringi dengan berjamaah Allah akan mengangkat dari pada kehidupan manusia.

Waled Lapang juga berharap kepada seluruh nelayan harus menyempatkan waktu 1 (satu) malam untuk melaksanakan pengajian disetiap 1 (satu) malam dalam 1 (satu) minggu dan jangan hanya memikirkan pencarian uang rizky saja. Dan apa saja yang telah disampaikan oleh panglima laut harus diikuti berapa hari untuk waktu istirahat dan kapan harus berangkat lagi melaut, saya harap kepada seluruh para nelayan tolong dipatuhi apa yang telah dibuat peraturan oleh panglima laot. Tutur Tgk Muzakir (Walet Lapang).

Adapun yang turut Hadir Pada kegiatan Kenduri Laot tersebut Dandim 0103/Aut, Letkol Inf Hendrasari Nurhono,S.I.P.,M.I.P., Kasi Log Rem 011/Lw Letkol Cba Didi Purnomo. Pimpinan Dayah Darul Muttaqin Tgk Muzakir (Walet Lapang). Ketua KIP Lhokseumawe, a.n Mohd. Tasar, BA, MA, Pemilik Klinik Vinca Rosea a.n Azhari, Panglima laot Kota Lhokseumawe a.n Pawang Hamid. Kasat Pol Airut Polres Lhokseumawe a.n AKP Ibnu Sakdan, Danramil 16/BDS a.n Kapten Inf Fachrizal, Kapolsek Banda Sakti a.n Iptu Faisal, Sekcam Banda Sakti a.n. Munir, Dandenpomal Lhokseumawe a.n. Kapten Laut PM Budiyansyah, Geuchik pusong baru a.n Kaharuddin, Masyarakat Ds. Pusong baru dan para Nelayan kota Lhokseumawe. Para tamu dan Undangan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button